Apa itu Healing? Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

 

Hai Pinkish!💕

Sudah berapa lama ya aku menghilang? Maaf ya kalau agak lama menghilang. Jujur, aku rindu berbagi cerita ke kalian.

Alasan aku menghilang sementara adalah karena aku mencoba "healing" dan mencari cara untuk berdamai dengan diri sendiri. Sekarang, saatnya aku bercerita ke kalian tentang cara berdamai dengan diri sendiri.

Sebelumnya, aku mengunggah question box di Instagram dengan pertanyaan "apa itu healing dan cara melakukannya?". Terimakasih untuk kalian yang sudah berbagi cerita dan menjawab pertanyaan aku. Kali ini, aku akan berbagi cerita healing versi aku dan juga dari teman-teman, tanpa aku sebutkan namanya. Ayo baca cerita selengkapnya ya. Semoga bisa membuat kalian kuat dan semangat untuk healing!

💗💗💗

Apa itu Healing?

doc. kezo
 

Beberapa orang memaknai istilah "healing" dengan berlibur, tidur, makan enak dan do something fun yang lainnya. Sebenarnya istilah "healing" artinya penyembuhan, yang berkaitan dengan batin, pikiran, emosi dan jiwa.

Beberapa bulan yang lalu, aku batin, emosi, pikiran dan jiwaku sedang bimbang dan tidak seimbang. Bisa dibilang lagi "ruwet" atau galau. Karena tidak seimbang, aku pun tidak menyadari hal itu terjadi. Aku hanya merasa segala hal yang terjadi dalam hidupku baik-baik saja.

"Lho, baik-baik saja tapi kok ngilang dan mencoba healing?"

Iya. Di saat aku merasa segalanya baik-baik saja, aku merasa ada hal yang kosong dalam hidupku. Aku berpikir dan terus mencari, apa yang kosong dari diri aku. Aku mencoba do something fun seperti berlibur, tidur seharian, belanja, main game dan makan makanan kesukaanku. Tapi ternyata masih ada yang kosong dihidupku.

Akhirnya aku mengambil waktu untuk merenung, lalu aku mencoba bercerita ke sahabat, keluarga dan datang ke psikolog. Aku selalu tertawa dan mood aku benar-benar baik, dan apa yang aku dapatkan dari cerita ke orang-orang? Ternyata hanya logika aku yang berjalan, perasaan atau batinku tidak sejalan dengan pikiran. Ya, bisa dibilang tidak ada keseimbangan antara logika dan perasaan. Karena logika ku terlalu mendominasi.

Penyebab tidak adanya keseimbangan di dalam diriku adalah karena aku tidak benar-benar mengenal diriku. Aku belum berdamai dengan diriku sendiri waktu itu. Hingga akhirnya aku tersadar dan mencoba untuk healing dengan bercerita ke orang terdekat dan psikolog.

💗💗💗

Cara Berdamai dengan Diri Sendiri

 

Cara berdamai dengan diri sendiri bisa dilakukan dengan banyak hal. Sebelum berdamai dengan diri sendiri, kita bisa memulai mengenal tentang diri sendiri, dari melihat kekurangan dan kelebihan kita. Tapi jangan sampai memaksakan diri untuk melakukan "healing", ya.

Kalau kalian sudah mulai mengenal diri sendiri, pasti akan terasa mudah untuk berdamai dengan diri sendiri. Disaat itulah penyembuhan mulai terjadi. Cara berdamai dengan diri sendiri bisa dilakukan dengan me time.

Aku pernah bertanya dengan diriku sendiri, "are you happy with your life?".

Aku pribadi masih mencoba untuk berdamai dengan diri sendiri dan mencoba mengenal diriku lebih jauh. Setelah aku berkonsultasi dengan orang terdekat dan psikolog, akhirnya aku mengambil waktu untuk diri sendiri. Aku melakukan meditasi, merenung, menulis jurnal dan memberikan afirmasi positif ke diri sendiri.

Nah, kalau kalian ingin healing dan berdamai dengan diri sendiri, ambillah waktu untuk me time atau menikmati waktu sendiri. Nggak apa-apa kok kalau kalian merasa tidak baik-baik saja atau belum berdamai dengan diri sendiri. Pasti akan ada waktunya tersendiri untuk healing dan berdamai dengan diriku sendiri. Semangat ya! Aku sayang sama kalian.



0 Comments